Pengaruh Kinerja Perawat Pelaksana Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Bpjs Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Haji Sulawesi Selatan

  • Sriyani Windarti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menganalisis hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan waktu tunggu pasien di Instalasi Rawat Jalan RSUD Haji Makassar Provinsi Sulawesi Selatan. Jenis dalam penelitiann ini yaitu menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Pengambilan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 328 responden. Pengolahan data dilakukan secara komputerisasi dengan menggunakan program SPSS 20 serta dilakukan uj chi square. Hasil penelitian ini disajikan dalam bentuk tabel serta dalam bentuk narasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan kompetensi teknis dengan waktu tunggu pasien dengan nilai yaitu p=0,316 artinya p>0,05, dan terdapat hubungan efektifitas dengan waktu tunggu pasien dengan nilai yaitu p=0,010 artinya p<0,05, tidak terdapat hubungan, hubungan antar manusia dengan waktu tunggu pasien dengan nilai p=1,00 artinya p>0,05, ada hubungan efisiensi dengan waktu tunggu pasien dengan nilai yaitu p=0,14 artinya p<0,05 dan tidak ada hubungan kelangsungan pelayanan dengan waktu tunggu pasien dengan nilai yaitu p=0,07 artiya p>0,05. Disarankan bagi pihak rumah sakit mempertahankan serta meningkatkan mutu pelayanan kesehatan sehingga pasien merasa puas dengan pelayanan yang diberikan serta tidak mempengaruhi waktu tunggu pasien untuk menjadi lebih baik.

Published
2022-07-27